KIPRAH ALAWIYIN DALAM SYIAR ISLAM DI INDONESIA VII

Nizla Fatimah Mantiri 15 Desember jam 10:43 BalasLaporkan

SYEKH MAULANA MALIK IBRAHIM

Sebelum kita membahas tentang kiprah Syekh Maulana Malik Ibrahim ada baiknya kita mengetahui dahulu tentang gelar atau sebutan para mubaligh majelis da’wah Wali Songo yang banyak menyandang kata Syekh, Maulana, Maghribi/Maghrubi dan Akbar. Sebab kata-kata tersebut bukanlah nama asli dari para mubaligh ini, ironinya banyak diantara kita orang awam menganggap kata-kata tersebut adalah nama sesungguhnya.

SYEKH
Bila mendengar kata “Syekh” tentu yang ada dibenak kita, seorang yang sudah “sepuh” (tua), yang alim, bijaksana, dan berwawasan luas. Menurut keterangan dalam Ensiklopedi Islam, ternyata kata “Syekh” mempunyai banyak arti. Di antaranya sebagai berikut:
– Syekh adalah sebutan kepada orang Arab keturunan Nabi Muhammad atau para sahabat Nabi
– Syekh bisa berarti orang yang sudah lanjut usia. Orang Jawa menyebutnya “mbah”
– Syekh bagi bangsa Arab sesudah Islam merupakan gelar kehormatan bagi ulama. Sedangkan pada masa pra Islam, syekh digunakan sebagai gelar kepala suku (qabilah)
– Syekh juga bisa digunakan untuk gelar keagamaan dan pengajaran, biasanya dirangkai dengan kata-kata yang menunjukkan mata pelajaran, misalnya Syekh al Qur’an berarti orang yang mumpuni dalam bidang Alquran
– Syekh juga mempunyai makna orang yang berhak mengeluarkan fatwa, biasanya disebut Syekh al Fitya
– Dalam dunia tasawuf juga terdapat istilah syekh yang bisa diartikan fungsionaris (guru) dalam kalangan kaum sufi
– Pada abad pertengahan, syekh juga bisa digunakan dalam dunia profesi atau pekerjaan. Dalam hal ini syekh berarti kepala atau ketua dari kelompok profesi atau pekerjaan
– Syekh pada jaman sekarang juga populer di lingkungan akademik, seperti Syekh al Jami’ al Azhar artinya Rektor al Azhar ( Universitas di Kairo, Mesir)

Jadi gelar Syekh diberikan masyarakat kepada para mubaligh yang bernasab (keturunan) Nabi Muhammad dan ahli ilmu agama Islam.

MAULANA
Sedangkan kata Maulana adalah;
– Sebuah gelar kehormatan untuk para nabi (sbg pembimbing umat)
– Juga gelar kehormatan bagi ulama besar atau sufi
– Berarti tuan kita/kami
– Bisa juga berarti tabah

Jadi gelar Maulana diberikan kepada para mubaligh yang dalam kiprah syiarnya mampu menghadapi segala ujian dan tantangan dari masyarakat di tempat mereka berda’wah dengan tetap amanah, sabar, lemah lembut dan rendah hati.

MAGHRIBI/MAGHRUBI
Kata Maghribi atau Maghribi sering kita jumpai disepanjang wisata ziarah Islam di Nusantara ini. Sebenarnya kata tersebut secara harafiah berarti yang datang dari negara-negara yang terletak di sebelah barat dari Indonesia, atau yang datang dari negara-negara arah matahari terbit seperti negara-negara di benua Afrika sebelah utara; Maroko, Tunisia, Aljazair, dll.

Dalam bahasa Arab maghribi/maghrubi (al-Maġrib al-Arabi) memiliki arti “tempat matahari terbenam” (place of sunset)

Dalam perkembangan peradaban Islam kata “Maghrib” adalah konsep yang dibuat oleh kaum Muslim yang berada di tengah-tengah peradaban Islam klasik untuk menandakan perbedaan Islam di jazirah Arab dengan Islam di Maghrib.

Maka kesimpulan dari kata maghribi/maghrubi adalah para ulama atau mubaligh yang datang dari negara-negara matahari terbit. Karena pada masa pen-syiar-an kurang memperhatikan penulisan nama asli dari mubaligh tersebut pada batu nisan, atau mungkin telah terhapus oleh satu dan lain hal, maka orang setempat menyebutnya Al-Maghribi/Maghrubi.

AKBAR
Sedangkan kata Akbar dalam bahasa Arab artinya adalah ”yang besar”
Jadi para mubaligh yang berhasil dan masyur dalam men-syiar-kan Islam diberi gelar tersebut.

BERSAMBUNG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: